Kamis, 15 November 2007

Ducati 1098 Motor Impian "Negeri Spageti"

Para penggemar balap motor di berbagai belahan penjuru dunia tentu amat berkesan dengan performa Ducati Desmodeci GP7 di arena MotoGP 2007. Sebelas gelar juara seri GP berhasil di bukukan pabrikan motorterkemuka italia ini yang spesialisasinya sejak pabrik Ducati didirikan 1920 di bologna adalah membuat motor 4 tak.
Bagi yang mengimpikan memiliki motor Ducati dengan performa mendekati yang di gunakan Casey Stoner dan Loris Capirossi, bisa melirik Ducati 1098.Motor ini bermesin V-twin dengan kapasitas mempunyai tenaga 160hp dan mampu di pacu hingga mendekati 300km/jam.
Ducati 1098 menggantikan Ducati seri 999, yang telah di hentikan produksinya, penggantinya Ducati 1098 merupakan kombinasi teknologi Ducati MotoGp dan Superbike yang amat sukses di dua arena lomba motor bergengsi ini.Ini adalah satu satunya motor sport yang bisa di miliki penggemarnya dan paling mendekati racing technology.
Trademark
Ducati tercermin pada penampilan 1098 yaitu ciri high tail dan bagian depannya yg compact dikombinasikan dengan knalpot terletak di bawah sadel menjadi ciri khas Ducati dengan single-sided swing arm untuk mengekspresikan kendaraan roda dua yang amat aerodinamis dan kekar.Panel instrumen digitalnya juga mengadopsi style Ducati Desmodeci GP7 yang di gunakan di arena MotoGP.
Mesin 1098 Testastretta Evoluzione ini di kembangkan oleh pabrik Ducati bagian produksi motor sport bekerja sama dengan Ducati Corse yaitu divisi balap pabrik Ducati yang spesialisasinya membuat motor balap SuperBike dan MotoGP.
karena di produksi tangan, harganya tidak bisa di bandingkan dengan motor sport buatan pabrikan asal jepang yang di buat secara massal. sistem remnya juga amat canggih buatan brembo mirip dengan aplikasi teknologo yang di pakai di MotoGP.
Brembo Monobloc M4-34 merupakan 1 unit kesatuan yang utuh tanpa sambungan. Sistem remnya mampu memberi pengereman maksimal pada kecepatan tinggi di atas 200km/jam.
Harga Ducati 1098 tipe standar 30.000 dollar AS (Rp280 juta), sedangkan untuk spek balap sekitar Rp.420 juta.

Persepsi Klub atau Geng Harus Diubah

MASALAH yang ditimbulkan oleh ulah sekelompok atau apa yang disebut sebagai geng bermotor, sangat meresahkan dan kembali mencuat akhir-akhir ini. Menanggapi fenomena tersebut, Ketua atau El Presidente Bikers Brotherhood (BB), Agung Gonzales (38) memiliki pandangan tersendiri.

Menurutnya, akar permasalahan bisa sangat kompleks. Sebab, bukan tiba-tiba jika seorang anak masuk menjadi anggota kumpulan tersebut. Ada proses yang menyertainya, mulai dari suasana di dalam keluarga yang kurang kondusif hingga pada pencarian identitas bagi remaja atau siapa pun yang ingin mengekspresikan jati dirinya.

"Disaat dia berbuat sesuatu yang dianggap negatif dan hanya merugikan dirinya sendiri, mungkin tidak akan timbul masalah besar. Namun ketika dia mengajak bahkan merekrut teman lain untuk berbuat kriminal, maka keresahan di tengah masyarakat akan semakin menjadi," ujar Agung, saat ditemui di tempat kumpul BB, di kawasan Jalan Reog, Bandung pekan lalu.

Lebih jauh Sang El Presidente menuturkan, harus diubah persepsi masyarakat mengenai sebutan klub atau geng bermotor liar pada kelompok-kelompok tersebut. Sebab, faktanya mereka adalah sekelompok pelaku kriminal yang kebetulan menggunakan sarana kendaraan sebagai salah satu alat yang digunakan.

"Sementara kami bukanlah kelompok yang bisa dikategorikan sebagai geng atau gerombolan bermotor yang tak jelas visi serta tujuannya. Kami adalah pencinta keindahan lewat kreasi berkendaraan terutama seni memperlakukan motor tua. Asas yang membungkusnya adalah persaudaraan," katanya menambahkan.

Jadi, kata Agung, mesti dibedakan antara geng atau gerombolan bermotor dengan motorcycles club (MC). Setidaknya komunitas tempatnya berekspresi atau seperti juga klub motor lainnya memiliki AD/ART, identitas jelas secara fisik, terbuka dan kooperatif untuk turut mengembangkan hal-hal yang positif, memiliki sekretariat. Sedangkan kelompok yang dianggap liar, kebalikannya, tidak memiliki itu semua dan tumbuh tak terkendali.

"Tapi yang jelas, kondisi kejiwaan yang ada pada anak muda, terutama laki-laki yang butuh tantangan, berani dan berwatak keras, juga ada pada setiap anggota kumpulan atau kelompok bermotor manapun. Jelas mereka perlu saluran yang benar dan positif," ujarnya mengakhiri obrolan. (dih)***

source pikiran-rakyat

Persiapkan Cairan Penambal Ban sebelum mudik

UNTUK mengatasi masalah sepeda motor selama mudik, ada beberapa tips sederhana yang bisa diterapkan. Pertama, persiapkan cairan penambal ban dan pompa dalam tabung. Itu penting bila ban bocor dan jauh dari tempat tambal ban, menambal ban bisa dilakukan sendiri oleh pemilik kendaraan.

Caranya, masukkan selang yang sudah tersedia dengan adaptor ke pentil motor. Kemudian tekan tombol di tabung agar cairan penambal dan angin mengisi ban yang bocor. Setelah cairan/angin masuk ke ban, putar roda dengan tangan pada kondisi motor standar berdiri. Itu untuk memastikan cairan penambal menutup lubang yang bocor.

Sebelum berangkat mudik, perhatikan tekanan angin ban. Tentukan tekanan ideal agar sepeda motor berjalan nyaman, yaitu sekitar 30 psi. Kurang dari angka tadi, selain bensin menjadi boros juga ban menjadi panas, apalagi dipergunakan dalam kecepatan tinggi.

Hal penting lainnya, yaitu periksa kondisi rantai. Bila ketegangan rantai sudah tidak bisa disetel lagi, itu pertanda harus diganti dengan yang baru.

Bila sepeda motor susah di-starter dan klakson lemah, kemungkinan besar ada gangguan pada aki. Karena itu, aki harus segera di-charge, atau dalam emergency bisa menambahkan air aki khusus jenis supercharge bagi aki yang "lemah". Ini bisa membantu meningkatkan kapasitas aki pada kondisi darurat. Kalau kondisi aki kurang baik sehingga starter listrik tidak jalan, gunakan starter kaki ataupun didorong dengan memasukkan ke gigi.

Jika di starter sulit dan api ke busi diperiksa kondisinya bagus, bukalah busi. Jika businya basah, bersihkan dan keringkan. Kemudian pastikan kerenggangan busi antara 0,6 - 0,8 mm (bergantung pada jenis motornya).

Khusus untuk sepeda motor yang mogok, ada beberapa komponen yang perlu diperiksa. Pertama cek sekring, kemudian kondisi busi apakah ada percikan apinya atau tidak. Bila tidak ada api, mungkin busi mati atau sistem listrik, CDI terganggu. Kalau CDI rusak, ganti dengan yang baru. (bk) ***


source pikiran-rakyat.com

Cek Sepeda Motor Sebelum Mudik

MUDIK dengan sepeda motor semakin digandrungi masyarakat. Pemerintah pun memprediksi jumlah pemudik sepeda motor tahun ini meningkat sekitar 30% dibandingkan dengan tahun lalu menjadi 2,5 juta unit. Itu bisa dimengerti karena sepeda motor lebih mobile, efisien, dan praktis tiba di tujuan.

Seperti halnya kendaraan roda empat, sepeda motor pun harus diservis sebelum dipergunakan untuk mudik. Alasannya, sepeda motor yang berada dalam kondisi prima membuat perjalanan mudik menjadi lebih nyaman. Sebaliknya bila motor itu dalam kondisi yang tidak "fit", justru bisa jadi merepotkan.

Untuk itu, sepeda motor mutlak harus diperiksa ke bengkel. Check up kondisi sepeda motor bisa dikelompokkan menjadi tiga bagian penting, yaitu mesin, sistem mekanik, dan kelistrikan.

Mesin sebagai sumber penggerak sepeda motor harus dicek kondisinya secara teliti. Pemeriksaan mesin dibagi dalam tiga kategori, yaitu bagian dalam mesin, bagian luar, dan perangkat pendukung kinerja mesin. Pengecekan bagian dalam terdiri atas pemeriksaan kompresi, setelan celah klep, rantai keteng, dan pelumasan.

Pemeriksaan kompresi hanya bisa dilakukan di bengkel karena memerlukan alat khusus, compression gauge atau kompresi meter. Gangguan yang terjadi pada tekanan kompresi dibagi menjadi dua bagian, yaitu tekanan di bawah standar dan di atas standar. Tekanan di bawah standar disebabkan adanya gangguan pada sistem mekanisme klep, masalah pada kepala silinder dan piston, serta silinder. Untuk tekanan di atas standar disebabkan endapan arang (karbon) yang berlebihan pada kepala piston dan dinding ruang bakar.

Penyetelan klep dilakukan untuk memaksimalkan pembakaran dalam ruang bakar. Jika jarak klep terlalu renggang, akan terdengar bunyi mesin yang tidak normal (tappe noise). Sebaliknya, jika terlalu rapat, kinerja mesin tidak maksimal pula karena kompresinya berkurang. Pabrikan sepeda motor merekomendasikan ukuran standar antara 0,004 mm hingga 0,008 mm untuk celah klep masuk dan buang.

Rantai keteng perlu diperiksa pula. Peranti sangat vital karena berhubungan dengan kerja cam timing yang memengaruhi performa mesin dan efisiensi bahan bakar. Kondisi rantai keteng yang sempurna adalah tidak terlalu tegang atau longgar. Ketegangan rantai yang sempurna menyebabkan terjadi keselarasan antara putaran kruk as dengan noken-as. Ini dapat membantu ketepatan pengapian dan pergerakan klep.

Cara pemeriksaan dilakukan dengan mendengar suara mesin dalam kondisi hidup. Kalau rantai keteng longgar, akan terdengar suara berisik. Sebaliknya, jika terlalu tegang akan keluar suara mendesing.

Komponen yang juga perlu diperiksa adalah busi, kabel busi, pengapian, karburator, filter udara, dan filter bahan bakar. Disarankan untuk mengganti busi, filter udara, dan bahan bakar dengan yang baru agar performa mesin maksimal.

Setelah itu, karburator perlu diservis pula. Itu penting karena sumber tenaga pembakaran berasal dari alat ini. Jika peranti ini terganggu, tenaga pun akan loyo dan boros bahan bakar. Untuk itu bersihkan "jeroan" karburator termasuk saluran anginnya.

Setelah komponen penting diservis, tentukan pula oli yang akan dipergunakan motor tersebut. Ini penting, selama mudik mesin motor akan bekerja ekstrem. Untuk itu diperlukan oli yang berkualitas. Agar aman, oli yang dipergunakan harus sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Demi kenyamanan perjalanan, cek komponen kaki-kaki, ban, rem, rantai, dan setang. Pengecekan suspensi dilakukan dengan cara ditekan. Bila asnya basah karena oli, berarti ada kebocoran. Solusinya ganti olisil dan tambah oli.

Di bagian rantai, diperiksa ketegangannya. Rantai yang terlalu tegang akan mengurangi umur rantai dengan cepat. Sebaliknya, rantai roda yang longgar bisa menyebabkan rantai lepas dari sprocket-nya dan dapat merusak komponen lain.

Sistem pengereman penting untuk diperiksa. Khusus untuk rem diskbrake periksa minyak rem, selang rem, kaliper, dan kampas rem. "Ganti kampas rem bila sudah tipis. Pakailah minyak rem sesuai spesifikasi khusus sepeda motor," kata H. Harjono Abdullah Khaer, Service Deputy Division Head PT Daya Adira Mustika, main dealer Honda Jawa Barat.

Sistem kelistrikan perlu diperiksa juga dengan teliti. Sepeda motor berteknologi modern terutama yang memakai pengapian DC-CDI sangat bergantung pada listrik yang berasal dari aki. Karena itu pemeriksaan bisa dimulai dari aki dengan cara mengecek ketinggian air aki yang sebaiknya berada pada posisi upper level. Jika kurang, tambahkan air aki. Kemudian periksa pula terminal kabel apakah masih baik atau tidak. Bila kondisi terminal aki banyak kotoran kerak putih, segera bersihkan dengan menyiramkan air panas dan kemudian sapu kotoran tersebut dengan sikat kawat.

Selanjutnya cek kondisi lampu-lampu dan klakson. Lampu penting untuk perjalanan malam hari agar pengendara sepeda motor bisa melihat jelas benda yang berada di depannya. Periksa apakah ada lampu yang putus atau menyala redup.

Skutermatik

Khusus motor skutermatik yang perlu diperiksa adalah kondisi CVT (continously variable transmission) atau V-belt. "Sabuk penyalur tenaga ke roda ini sangat penting diperiksa. Karena V-belt ini memiliki batas jarak pemakaian," kata Sahrial, Assistant Service Manager PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) DDS Bandung.

V-belt yang berada dalam kondisi baik, memiliki ukuran standar antara sabuk dan alat pemeriksanya. Bila kondisi V-belt sudah rata, artinya sabuk tersebut telah aus dan harus diganti baru. Pabrikan merekomendasikan penggantian sabuk CVT setelah menempuh 25.000 km. Jika masa pakainya sudah mendekati angka km tersebut, sebaiknya diganti dengan yang baru.

Sabuk CVT memakai grease khusus yang tahan panas hingga suhu di atas 135 derajat Celsius. Gemuk ini berfungsi untuk memperlembut akselerasi skutermatik. Karena itu jangan memakai grease biasa yang mencair pada suhu 100 derajat Celsius.

Peranti berikutnya yang perlu dicek pada skutermatik adalah rem cakram. Dengan kapasitas mesin antara 110 hingga 125 cc, skutermatik bisa dikendarai dengan kecepatan cukup tinggi sehingga kinerja rem semakin berat. Untuk itu, gantilah pads dengan yang baru bila kondisinya sudah tidak bagus.

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika melakukan perjalanan mudik memakai skutermatik adalah kapasitas tangki bahan bakar. Karena dirancang sebagai kendaraan perkotaan, kapasitas bensin dalam tangki rata-rata hanya 3 liter. Tentu saja dengan konsumsi bahan bakar 1 liter menempuh rata-rata 30 km, maka bensin 3 liter hanya cukup untuk jarak sekitar 90 km.

Pengendara skutermatik perlu waspada bila indikator bahan bakar sudah turun menyentuh huruf E. Itu artinya harus segera mampir ke SPBU terdekat. Satu tips yang bisa dipertimbangkana yaitu membawa bahan bakar cadangan yang dimasukkan ke dalam botol berukuran 1 liter. (ovi)***

source pikiran-rakyat

Pemutihan Moge Hingga Desember 2007

Respons positif diperlihatkan para pemakai motor besar yang tergabung dalam sebuah komunitas. Setidaknya, dua kumpulan pengguna motor gede (moge) menilai, bahwa apa yang telah dicetuskan tentang pemutihan sepeda motor merupakan langkah maju pemerintah dalam membenahi ilegalitas motor gede.

“Kami masih perlu kejelasan mengenai perincian tarif yang harus dikenakan pada masing-masing unit motor yang akan diurus. Misalnya, tetapkan angka besaran biaya pemutihan secara terperinci. Kemudian angka itu realistis apa tidak,” kata Jonni B.S. Nugroho, Wakil Ketua Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI Korwil Jabar).

Hal serupa diungkapkan Andi Purba, Ketua Umum Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI Bandung). Menurut dia, sekitar 65 anggota IMBI Bandung, semuanya telah mengisi formulir sebagai bentuk pengajuan proses pemutihan. Namun, mereka masih harus menunggu pe-rincian jumlah yang harus dibayarkan.

“Ini adalah bentuk insentif dan langkah maju yang diberikan pemerintah. Namun, jika tarif yang dikeluarkan mahal dan tidak logis, sepertinya program ini tak lebih dari sekadar slogan belaka,” ujar Andi Purba.

Andi mengatakan, jika anggotanya membeli motor gede bekas de-ngan harga relatif murah, maka tidak masuk akal jika pajaknya tetap besar.

Sebelumnya, pemerintah telah mengeluarkan peraturan Dirjen Bea dan Cukai No. P-10/BC/2007, 11 Mei 2007. Peraturan ini merupakan lanjutan dari Surat Menteri Keuangan S-166-167/MK.04//2007, 19 April 2007. Isi peraturan tersebut mulai tanggal 1 Juni 2007, sepeda motor gede ilegal bisa menjadi kendaraan resmi dengan mengurus suratnya di sepuluh Kantor Pusat Bea Cukai (KPBC), termasuk Bandung.

Untuk mendapatkan legalitas pemerintah, pemilik moge harus membayar sejumlah uang yang terdiri dari pembayaran Bea Masuk (BM), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Pertambahan Nilai Bea Masuk (PPnBM), dan Tarif Pajak Penghasilan (PPh) impor. Peraturan ini berlaku nasional dan berakhir hingga Desember 2007.

Untuk perhitungan biayanya Bea dan Cukai mengambil acuan pada Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) yang ditentukan pemerintah daerah setempat. Adapun perhitungannya untuk sepeda motor adalah NJKB x (PPnBM + PPN+ PPnBM+PPh)%. Setiap kapasitas sepeda motor memiliki tarif pajak yang berbeda.

Setelah membayar biaya pemutihan, pemilik kendaraan moge akan memperoleh surat resmi dari pihak terkait yang menjadi dasar membuat BPKB dan STNK. (dih/ovi)

10 Langkah Tips Aman Naik Motor

Kemacetan lalu lintas belakangan ini membuat banyak orang mengalihkan
pilihan kendaraan ke sepeda motor. Tapi jangan sembarang meluncur ke jalan
tanpa tahu cara aman berkendara dengan sepeda motor. Simak dulu tips ini!

1. Peralatan keamanan pastinya penting dipersiapkan. Helm dan jaket adalah
atribut wajib. Selain itu nggak ada salahnya juga menggunakan sarung tangan
agar ketika mengatur gas, tangan tidak licin oleh keringat. Sebelum
berangkat, pastikan lampu sen, lampu depan dang belakang, serta klakson
kendaraan bisa berfungsi dengan baik. Oh iya, periksa dulu kedua ban. Apakah
tekanan anginnya cukup atau perlu ditambanh.

2. Sekarang anda siap turun ke jalan. Nah, yang penting diingat adalah
jangan berpikir kalau pengendara lain selalu melihat anda. Anggap saja anda
tak terlihat oleh pengendara lain. Berpikiran demikian membuat anda
berkendara lebih hati-hati. Ketika ingin mendahului atau memotong jalan,
sebaiknya anda merasa pengendara lain belum tentu melihat anda.

3. Sisakan jarak aman. Walau kendaraan padat dan macet, pastikan motor anda
tak terlalu dekat dengan kendaraan lainnya. Ruang ini membuat pandangan anda
lebih jelas dan bisa lebih baik dalam merespon situasi yang terjadi. Apalagi
dalam keadaan kecepatan tinggi, jaga jarak dengan kendaraan lain sebagai
antisipasi jika ada pengereman mendadak.

4. Antisipasi kecelakaan. Jika berada di belakang truk bermuatan besar atau
bis kota yang ugal-ugalan tetaplah berhati-hati. Antisipasi risiko yang akan
datang ketika berada di dekat dua kendaraan tersebut. Bus kota sering tak
melihat kanan kiri jika ingin menyalip, pastikan motor anda tak berada di
tempat yang berbahaya. Begitu juga dengan truk, jaga jarak sehingga jika
terjadi sesuatu anda bisa melakukan antisipasi tindakan dengan cepat.

klakson dan kedipkan lampu untuk memberi tanda. Pelankan kendaraan setiap
berbelok, kadang kita tidak bisa melihat apakah ada truk atau lubang besar
yang bisa membahayakan di belokan tersebut.

6. Stop kebut-kebutan. Dalam cuaca panas, bisa saja keadaan emosi ikutan
panas. Hindari konflik di jalan karena akan mengacaukan pikiran dan
mengurangi konsentrasi. Tetap tenang dan fokus pada tujuan anda. Jangan
mudah terpancing juga pada pengendara lain yang menantang untuk
kebut-kebutan. Jika keadaan sangat emosional, lebih baik berhenti sebentar.
Minum air jika memungkinkan dan lanjutkan perjalanan jika sudah tenang.

7. Beri jalan pada kendaraan yang ingin lebih cepat. Jika di belakang ada
mobil yang mengklakson, beri jalan dengan sedikit menempi dan memperlambat
laju motor. Usahakan juga jangan mengekor kendaraan di depan anda. Jika
kendaraan di depan tak melihat motor anda, maka bisa saja terjadi bahaya
jika dia berbelok atau berhenti mendadak.

8. Hati-hati berkendara di terik matahari. Terik matahari sering membuat
orang silau. Beberapa helm dilengkapi dengan kaca film untuk mengurangi
teriknya sinar matahari atau gunakan kacamata hitam yang sebisa mungkin tak
menghalangi pandangan mata. Jika cahaya sangat menyilaukan sebaiknya anda
menepi dahulu untuk melihat situasi. Jika memungkinkan ubah arah ke tempat
yang lebih teduh.

9. Hindari berkendara di tengah malam terutama di malam Sabtu dan malam
Minggu. Pada kedua malam tersebut, biasanya banyak orang yang baru keluar
dari klub dalam keadaan mabuk. Jika sangat terpaksa, pastikan lampu motor
anda menyala dan gunakan helm berwarna terang yang bisa menyala dalam gelap.

10. Terakhir, jangan lupa selalu bawa surat-surat kendaraan untuk memudahkan
jika terjadi masalah di tengah jalan. Seringkali ada razia yang memeriksa
surat-surat kendaraan. Lengkapi juga motor anda dengan kunci pengaman
tambahan apalagi jika anda sering meninggalkan kendaraan di tempat umum
dalam waktu yang cukup lama. Oh iya, kapasitas motor maksimal hanya dua
orang. So, jangan coba-coba membahayakan diri dengan berkendara lebih dari
jumlah tersebut.(fta)

(*source : milis FSRJ/Top Gun dan Saft7.com for d pic*)

New Ninja 250R, gebrakan baru dari Kawasaki…!!!

Semakin santer aza Ninja 250R akan masuk ke Indonesia. Motor yang akan diimport dari Thailand ini keliatannya bakalan meramaikan pasar kendaraan roda dua di Indonesia. Well Ninja 25oR dikenal juga sebagai EX250 di Eropa, ZZR 250 di US atau ZXR250 di Aussie. Kawasaki kelas 250cc ini diproduksi pertama kali pada tahun 1986 dan masih bertahan sampai saat ini, dan sejak tahun 2007 Ninja 250R diproduksi di Thailand. Tarikan Ninja 250R ini cukup responsif, dimana 0-100 km/h dapat dicapai dalam 5.7 detik.

Spesifikasi Ninja 250R

Ninja 250R menggunakan engine 4 stroke paralel twin, DOHC, liquid cooled, 8 valves dan dilengkapi dengan counterbalancer. Dengan engine segitu, power yang dihasilkan dapat mencapai 36HP pada 11000RPM. Torsi yang dihasilkan dapat mencapai 24Nm pada 10000 RPM. Startingnya pun udah menggunakan electric yang ciri khas moge saat ini. Compression rationya juga cukup tinggi yaitu 12.4:1. Carburator nya menggunakan 2 Keihin CVK30.. (lumayan lah.. walau gue nyakin.. nyampe disini bakalan banyak yg pengen ubah jadi 34.. Sistem kopling menggunakan tipe basah. Suspensi depan menggunakan hydraulic telescopic fork, dan belakang menggunakan unitrack mono shock. Remnya depan dan belakang sudah pakai disc, kagak tromol lagi… !!! Ban depan menggunakan ukuran 100/80-16, dan belakang menggunakan 130/80-16. Dengan berat 138 kg, power-to-weight ratio motor ini mencapai 0.26 HP/kg (mirip dengan mito, dan lebih tinggi dibandingkan sportster 883..!! ).

triatmono.wordpress.com

MOTOR GEDE ( Sorot )

JUMAT pagi itu, saya sedang berada di dalam ken-daraan umum elf dari Kota Tasikmalaya menuju Bandung. Keadaan lalu lintas di jalan Nagreg sangat padat, malahan cenderung macet. Mobil-mobil merayap, sepeda motor menyelusup mencari-cari celah untuk bisa jalan.

Beberapa anak-anak tanggung berlarian sepanjang jalan sambil membawa balok kayu untuk membantu mengganjal mobil, yang mungkin mogok di jalan saat mendaki atau menurun. Seorang lelaki tua yang duduk di samping saya dalam kendaraan umum itu terlihat bersungut-sungut, karena tidak biasanya sepagi jalan Nagreg terjadi kemacetan.
Ia kemudian menyadari, kemacetan terjadi karena saat itu adalah minggu akhir yang panjang (long weekend), sebab hari Jumat waktu itu adalah hari libur. Di tengah suasana yang sibuk, centang perenang dan panas itu, tiba-tiba dari arah depan mobil terdengar suara sirene meraung-raung.
Puluhan lampu sepeda motor menyala tampak dari kaca mobil yang saya tumpangi. Semua kendaraan yang waktu itu sedang merayap dipaksa minggir atau menghentikan kendaraanya oleh polisi lalu lintas (voorijder), yang membuka jalan untuk rombongan pengendara sepeda motor.
Semuanya harus memberi jalan pada rombongan yang terdiri dari puluhan pengendara berbagai macam motor besar (atau “moge”, motor gede), yang beberapa hari kemudian, saya ketahui bahwa mereka sedang menuju ke Pangandaran untuk berekreasi, merayakan hari ulang tahun kelahiran klub motor besar dan mencari hiburan.
Lelaki tua di samping saya yang sejak tadi bersungut-sungut karena kemacetan lalu lintas, terlihat bertambah emosi menyaksikan dan mengalami keadaan ini. “Luar biasa brengseknya keadaan ini. Mobil angkutan rakyat yang padat dipenuhi kita rakyat kecil, diperintahkan oleh polisi untuk minggir, atau berhenti dan harus memberi jalan kepada orang-orang kota yang pasti kaya-raya, karena motor besar berharga ratusan juta rupiah yang sedang dikendarainya itu akan lewat,” katanya bersungut-sungut.
Kita, kata lelaki tua itu, para pedagang kecil yang harus dengan cepat mengirimkan barang dagangan ke pasar di kota, kini harus memperlambat perjalanan karena harus memberi jalan pada orang-orang kaya yang akan mencari hiburan serta bersenang-senang di pedesaan.
“Ya, mereka itu egois. Saya jadi khawatir kalau-kalau kemacetan akan berlangsung lama, sehingga dagangan saya terlambat sampai di Pasar Caringin dan saya akan merugi,” kata seorang teman duduknya, seorang pedagang di Pasar Induk Caringin Bandung.
**
KELUHAN yang sama juga dilontarkan penumpang lain. Mereka semua protes dan kemudian berbicara satu sama lain. Ada juga yang mempertanyakan, kenapa pihak yang berwajib (polisi lalu lintas) agaknya menganakemaskan para pengendara motor gede yang kayaraya itu, mengawal mereka dalam perjalanan dan malahan memberi fasilitas pada mereka. ” Oh, itu mungkin karena mereka membayar polisi itu,” ujar seorang anak muda bertampang mahasiswa.
“Bukan karena uang saja, tapi juga karena pemilik motor-gede itu ada juga yang pimpinan polisi, pejabat pemerintah, pengusaha besar. Oleh karena itu, ke mana pun mereka pergi, pasti selalu dikawal petugas,” kata seorang anak muda yang lain.
Saya diam saja mendengar percakapan tentang “moge” yang makin menghangat di dalam kendaraan angkutan umum milik rakyat itu. Diam-diam saya juga sangat menikmati percakapan mereka. Sebab apa yang dipercakapkan mereka dan kritikan-kritikan yang dilontarkan mereka banyak sekali mengandung kebenaran. (Ahmad Yusuf/PR)

Mengubah Motor Gede secara Radikal

JAKARTA – Penggemar motor gede di Indonesia lumayan banyak. Sebagian dari mereka ada yang suka mengubahnya (custome). Komunitas penggemar custom motor gede dianggap kelompok manusia unik. Mereka sudah membeli dengan harga mahal, lalu mengubahnya menjadi tidak standar pabrik lagi. Ini butuh biaya tambahan Rp 40 juta sampai tak terhingga. Lalu apa yang dicari mereka?
Tujuannya jelas agar bisa tampil beda. Motor bagi mereka adalah cermin kepribadian dan identitas. Sebagai kelompok dari golongan yang rata-rata telah mapan, identitas menjadi prioritas untuk ditampilkan. Mereka tak mau disamakan motornya dengan motor orang lain. Makanya tak mengherankan jika kita melihat sebuah motor gede merek tertentu, akan jauh berbeda dengan motor gede lainnya dengan merek dan tipe yang sama.
Ignatius Hendra Wanadjaya misalnya, memiliki sepeda motor Harley Davidson. Dia suka modifikasi karena demi mengungkapkan ekspresi diri. Maka pilihannya adalah chopper custom, memodifikasi secara radikal. Dia mengaku tak suka mempunyai motor yang belum diapa-apakan. Menurut dia, itu seperti masih punya pabrik, bukan miliknya. Untuk membangun motor gede seperti itu dia menghabiskan dana sekitar Rp 40 juta.
Joel, penggemar lainnya, melihat kebutuhannya dulu sebelum membangun motor gede custom. Apakah untuk dipakai ngebut atau gaya? Setelah itu ditetapkan barulah dibuat sesuai perpaduan antara kebutuhan dan kepribadian pemilik. Untuk menentukan desain, Joel menggali ide dari teman, majalah dan internet. ”Pokoknya harus beda dari yang lain,” ujarnya.
Untuk melakukan custom caranya bisa sendiri atau dengan bantuan customizer. Menurut Vero Land (26), penggemar motor gede custom, ada berbagai tipe custom dalam dunia motor gede. Ada istilah stock custom yakni motor standar yang diganti warna cat, ditambah lampu, pelek diganti, tapi mesin dan rangka masih asli buatan pabrik.
Menurut Djoko Iman Santoso (34), pehobi lainnya, tak ada pembagian yang jelas tentang custom. Pengertiannya itu luas namun dalam dunia motor gede, seperti yang diamatinya, dikenal istilah factory custom. Maksudnya, semuanya diganti kecuali bodi dan warna. Mesinnya, mau diubah atau ”dinaikkan” terserah. Jadi jika pengendara memakainya, maka bodi dasarnya masih ketahuan.

Ragam Custom
Ada juga istilah middle custom - kerap disingkat mid custom - yang mengubah semuanya, kecuali bentuk bodi. Ada pula yang radical custom yakni mengubah secara keseluruhan tanpa terkecuali. Aliran yang terakhir ini kemudian dikenal sebagai chopper.
Pehobi membangunnya dari nol. Orang sudah tak tahu lagi asal muasal motor tersebut. Bisa saja motor itu dibangun dari mesin Harley Davidson (HD), tapi rangka dan bagian lainnya buatan berbagai pabrik komponen. ”Di Indonesia ada sekitar 5% yang penggemar radikal dan 5% mid custom serta factory custom,” sambung Iman.
Di sini, lanjutnya, penggemar factory custom justru cenderung berkembang. Alasannya, mereka masih sayang motor jika sampai mengubah warna atau bentuk bodinya. Di HD ada produk yang asli dan ada yang disebut after market. Produk after market bukanlah barang palsu, tapi produk yang dikeluarkan di luar pabrik HD namun bisa untuk motor HD.
Komunitas penggemar motor gede custom di sini, kata Iman, walau ada perkembangan namun masih sedikit karena berbagai alasan. Alasan pertama, jika mengorder barang dari luar negeri, biayanya tak sedikit. Selain itu ada hambatan komunikasi dan jarak sehingga barang yang diminta suka tidak sesuai order.
Selain itu, banyak orang Indonesia yang punya uang, tapi tak mengerti proses pengerjaannya. Buat mereka ada semacam sikap, taruh uang, lalu minta motor gedenya jadi dalam waktu singkat. Sementara kalau melihat di Amerika, seorang customizer membuat motor berbulan-bulan, bahkan ada yang sampai 3 tahun. Sebagai customizer, Iman jika bertemu dengan klien seperti ini, dia angkat tangan.

Belum Dipahami
Di sini, penggemar custom masih kurang menghargai sebuah desain custom, jika dibanding di negara Barat. Di Amerika walau seorang master builder atau customizer mengerjakan 12 motor dalam setahun sudah bisa hidup.
Mereka bukan hanya men-charge ongkos kerja tapi juga jasa desainnya sekaligus. Ibarat jika membangun rumah, selain membeli bahan bangunan, mereka juga terkena ongkos jasa desain. ”Kalau di sini diterapkan seperti itu, mungkin terkaget-kaget karena dianggap mahal jadinya,” sambung Iman.
Di Indonesia, penggemar motor gede yang beralih jadi seorang customizer pro ada sekitar 10 orang. Iman adalah salah satu yang berhasil mengembangkannya menjadi lahan bisnis. Biasanya orang yang mempunyai bengkel servis, otomatis menjadi seorang customiser. Untuk mendapatkan desain yang cocok bagi kliennya, seorang costumizer bertanya soal kesukaan dan pantangan kliennya. Kepribadian kliennya juga diamati dalam obrolan santai itu untuk mencari model custom yang cocok.
Menurut Vero, memang motor custom lebih mahal ketimbang motor buatan pabrik. Contohnya, motor gede fully custom yang dibuat dengan tema Batman yang disebut bat-chopper. Yang membangun adalah Harold Fontarally, seorang customizer top di Amerika, biayanya US$ 65 ribu. Padahal jika membeli HD standar, US$ 18 ribu sudah di tangan.
Vero yang juga seorang customizer yang cukup beken, karyanya diakui khas chopper ala Indonesia. Tak ada yang bisa menyamai buatannya. Dia bisa membangun jarak rangka ke tanah hanya dua jari. Artinya motor gede itu ceper banget. Sampai-sampai kalau ada ”polisi tidur” motornya harus jalan pelan-pelan. Bahkan pernah motornya ”karam” (istilahnya untuk nyangkut) di pelataran parkir Plasa Senayan.
Menurut dia, belum pernah ada yang membuat motor seceper buatannya, sekalipun di luar negeri.
Alasannya membuat seperti itu walau bakal tersandung hambatan di jalan, karena ingin yang unik. Motornya sepanjang 3 meter itu dijuluki recycled motorcycle karena dibuat dengan barang-barang bekas. Misalnya tutup platinanya dari bola bilyar, tutup cuknya dari dadu, tutup tangki yang sudah jelek ditambah tanduk yang digambar smiling face berwarna kuning. Alhasil motor Vero menang kontes modifikasi paling ekstrem pada Kenduri Motor Nasional, baru-baru ini.
Membuat chopper, menurut alumnus Universitas Atmajaya itu, proses kreatifnya datang dari mana saja. Pernah dia membangun dua motor sekaligus untuk 2 orang. Yang satu orangnya rapi dan manis, seorang lagi kesannya berandalan, berantakan dan cuek.. Hasilnya dua chopper yang berbeda karakter yakni satunya tampil anggun dan manis dengan warna cat yang ceria, dan lainnya kusam karena dicat seperti aspal. ”Mereka tampak puas, mungkin karena pas dengan kepribadiannya.”